Share

Facebook
WhatsApp
Telegram

Pelatihan Jurnalistik Langka, 6 Hari Andal Jadi Penulis

Pelatihan Jurnalistik Langka, 6 Hari Andal Jadi Penulis

TSIRWAH PESANTREN DIGITAL – Bayangkan bisa menjadi seorang penulis yang mahir dan menghasilkan artikel berkualitas hanya dalam waktu enam hari. Apakah Anda bersedia untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda melalui program Pelatihan Jurnalistik Tsirwah?

Program ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para individu yang aktif dalam menulis. Dengan pendekatan pengajaran yang intensif dan berfokus pada praktik, pelatihan ini sesuai untuk siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan menulisnya dengan cepat.

Mari kita lihat lebih lanjut bagaimana program Pelatihan Jurnalistik Tsirwah dapat mengubah Anda menjadi seorang penulis yang handal dalam waktu hanya enam hari.

Kenapa Skill Menulis Itu Penting?

Berikut beberapa alasan kenapa skill menulis itu di anggap penting, yakni:

1. Sebagai Sarana Dakwah

Misi hidup kita itu ada tiga, (1) untuk ibadah, (2) sebagai khalifah (pemimpin) dan (3) berdakwah, maka berdakwah menjadi bagian dari tugas hidup kita. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits nabi berikut ini:

بلغوا عني ولو آية

Artinya: “Sampaikanlah dariku walau satu ayat,” (HR Al-Bukhari).

2. Investasi di Akhirat

Asalkan tulisan tersebut tidak memuat konten yang berisi ujaran kebencian, tetapi berisi informasi yang sangat berguna atau bernilai kebaikan bagi banyak orang, maka Allah akan menambahkan pahala kebaikan atasnya. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Az-Zalzalah ayat 7 berikut ini:

{ فَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَیۡرࣰا یَرَهُۥ }

Artinya: “Maka barangsiapa mengerjakan kebajikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

3. Berbagi Ilmu Kepada Masyarakat Luas

Manusia tak terhindar dari lupa, maka penting untuk mengabadikan ilmu dengan menulis. Tanpa penulisan ilmu-ilmu ulama, kita takkan memiliki jejak pengetahuan yang bisa menjadi landasan dalam kehidupan.

Imam Syafi’i menjelaskan:

العلم صيد والكتابة قيد، وقيد صيودك بالحبال الواثقة

Artinya: “Ilmu adalah hewan buruan, dan menulis itu adalah ikatannya. Ikatlah buruan kamu yakni ilmu dengan tali yang kuat yakni menuliskannya.”

4. Mencapai Kesempurnaan sebagai Manusia

Menyebarkan ilmu melalui menulis, menjadi kebaikan mulia tersendiri. Berikut hadist nabi yang menjelaskan hal tersebut:

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Artinya: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain, (HR Ath-Thabari).

Di mana Bisa Mengasah Skill Menulis?

Anda bisa mengasah skill menulis di Pelatihan Menulis Tsirwah. Berbagai penulisan ter-update telah diunggah pada Tsirwah Pesanten Digital.

Pelatihan Menulis Tsirwah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para calon jurnalis yang ingin memiliki kemampuan menulis yang handal. Program ini menawarkan kurikulum yang luas dan praktis.

Pelatihan Menulis Tsirwah juga dapat mempercepat penguasaan keterampilan menulis jurnalistik bagi peserta. Materi dalam pelatihan ini, disusun oleh para ahli di bidang jurnalistik, sehingga relevan dan dapat langsung diterapkan.

Selain itu, pelatihan ini menyediakan berbagai sesi latihan dalam menyusun artikel, yang memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari. Ini akan membantu peserta memahami dengan lebih dalam dinamika dunia jurnalistik.

Kurikulum Apa Saja yang Ada di Pelatihan Jurnalistik Tsirwah?

Berikut lima kurikulum yang terdapat di Pelatihan Menulis Tsirwah, di antaranya:

1. Ide Menulis

Pada sesi pertama ini, peserta memperoleh pemahaman penting tentang proses pencarian ide dalam penulisan jurnalistik, termasuk teknik brainstorming dan observasi.

Peserta akan belajar untuk mengevaluasi keaslian dan signifikansi ide mereka serta mempraktikkan pembuatan ide awal tulisan secara langsung.

2. Membuat Kerangka Artikel

Pada sesi kedua, peserta akan mempelajari teknik penyusunan kerangka artikel, termasuk elemen-elemen dasar seperti lead, body, dan conclusion, serta pengaturan informasi yang jelas.

Peserta juga akan belajar terkait penggunaan data dan fakta yang akurat, penulisan kutipan, serta teknik narasi yang efektif, dengan mentor memberikan bimbingan tentang pembuatan transisi yang halus antar paragraf untuk menjaga alur cerita.

3. Membuat Judul Menyihir

Setelah itu, peserta akan belajar teknik-teknik penulisan judul yang menarik perhatian dan memilih kata-kata yang tepat untuk mencapai dampak maksimal dalam sesi ini.

Pelatihan juga akan mengulas berbagai jenis judul yang efektif dalam konteks artikel berita, sementara latihan praktis memberikan kesempatan bagi peserta untuk menulis dan merevisi judul dengan bimbingan mentor.

4. Menerapkan SEO/Content Writing

Pada sesi ini, instruktur memperkenalkan peserta dengan konsep Search Engine Optimization (SEO) dan pentingnya bagi penulis konten, serta mengajarkan teknik dasar SEO seperti penggunaan kata kunci, meta descriptions, dan link building.

Mereka juga mempelajari cara menyeimbangkan antara menulis untuk mesin pencari dan pembaca manusia, serta mendapat praktik langsung untuk menerapkan konsep SEO dalam tulisan mereka dengan bimbingan mentor.

5. Perhatikan Kode Etik Jurnalistik

Sesi terakhir meliputi kurikulum kode etik jurnalistik yang menekankan pentingnya mematuhi prinsip-prinsip dasar seperti kejujuran, akurasi, dan tanggung jawab.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membuka peluang karir di dunia jurnalistik, peserta juga mempelajari tentang risiko hukum yang mungkin timbul jika tidak mengikuti standar etika yang berlaku, sehingga mereka dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip ini dalam pengambilan keputusan jurnalistik dan mengembangkan sikap profesional.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membuka peluang karir di dunia jurnalistik, Anda bisa memilih untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tsirwah yang menawarkan metode pengajaran intensif dari para ahli dalam waktu enam hari.

Ayo, daftar sekarang dan bergabunglah dalam komunitas penulis yang berpengaruh, menyampaikan informasi edukatif dan berkualitas!